Wednesday, April 13, 2011

TEKNOLOGI BARU, KEHIDUPAN DIRI DAN SOSIAL

I.                   INTERFACE: INTIMASI BARU, KEBUDAYAAN BARU
Email dapat lebih mempercepat hubungan menjadi lebih dekat dan bisa lebih terbuka mengungkapkan perasaan secara personal karena email merupakan media yang bersifat privacy sehingga orang-orang dapat secara leluasa untuk mengungkapkan isi hatinya kepada orang yang ditujunya tanpa ada orang yang tahu (bersifat 2 arah) sehingga mempercepat hubungan semakin dekat juga melalui pembicaraan-pembicaraan melalui email dan dari email juga segala informasi dapat disebarkan kepada orang lain lagi.
Saya tidak bersedia sepenuhnya berbagi account, termasuk alamat email dan password, dengan pasangan saya karena hal tersebut merupakan hak privacy saya yang tidak boleh diketahui orang lain termasuk pasangan saya sendiri. Bukan berarti isi dari media tersebut bersifat negatif, tetapi justru itu merupakan informasi yang memang seharusnya tidak boleh diketahui oleh yang lain (hanya beberapa) baik itu dari pihak saya yang merasa bahwa informasi tersebut harus di keep atau bahkan dari pihak si pengirim.
Email, seperti lemari obat, tagihan kartu kredit, dan buku harian pribadi, perlu diwaspadai dan disesuaikan dengan kebutuhan Kita sebagai pemilik akun harus berhati-hati dengan password yang kita gunakan, jangan menggunakan password yang mudah diketahui oleh orang lain. Jangan sekali-kali membuka hal seperti yang diatas didepan orang lain bahkan sampai teman dekat kita sekalipun, jika informasi tersebut tidak dibutuhkan lagi, kalau bisa dihapus saja dari inbox di email.
Perbedaan antara orang yang bereksperimen dengan keragaman dengan orang yang memiliki kondisi gangguan kepribadian ganda perbedaanya adalah kalau orang yang bereksperimen dengan keragaman, orang tersebut akan selalu mencoba segala sesuatunya dengan berbagai cara yang beragam yang penting dapat menghasilkan sesuatu. Kalau orang yang memiliki kondisi gangguan kepribadian ganda, orang tersebut dapat cepat untuk berubah dalam melakukan segala suatu hal, dapat terpengaruh dengan bisikan-bisikan atau hasutan yang tidak penting.
Saya setuju bahwa faktor psikologi yang sehat akan semakin tergantung pada konsep-konsep identitas yang fleksibel karena konsep yang dimiliki pada identitas dirinya semakin memburuk (dapat berubah/fleksibel), maka factor psikologi pun akan terguncang, begitupun sebaliknya dengan adanya perubahan konsep kearah yang lebih baik, maka psikologi kesehatannya semakin baik/sehat.
Realitas virtual dunia maya berfungsi sebagai ruang transisi bagi banyak orang, Saya setuju karena dunia yang nyata dengan dunia maya berbeda sekali, artinya perilaku orang-orang akan dapat berubah sesuai dengan kondisi yang ada pada dunia nyata dengan dunia maya. Dan tidak sedikit orang yang merasakan hal itu atau bahkan yang menjadikan dunia maya sebagai ruang transisi dimana ini merupakan ruang perubahan/pergantian situasi dan kondisi.
Game komputer menarik bagi berbagai kelompok-kelompok demografis Karena dengan adanya game komputer mereka merasa terhibur dan dapat mengisi waktu luangnya atau pada saat bersantai dengan bermain game komputer.
Atraksi game komputer bagi perempuan dan orang tua tidak sama seperti untuk anak-anak karena setiap atraksi yang ada pada game komputer dibuat sesuai dengan kemampuan si pemain atau setiap golongan. Contohnya saja seperti yang dikatakan di atas atraksi permainan untuk perempuan, orang tua, berbeda untuk anak-anak.
Perbedaan antara "persisten dunia“ dan "peer-to-peer” dalam game komputer yaitu kalau “persisten dunia” game yang dimainkan berhubungan dengan segala sesuatu yang ada di dunia yang sudah tersedia atau alami, kalau peer-to-peer kita dapat bermain game komputer dengan “kawan sebanding” yang artinya bermain tetapi tetap pada adanya persaingan dengan si kawan tersebut yang disebut dengan “lawan”.
Dunia komputer interaktif kini memiliki beberapa pengguna dari game Ini dikarenakan dunia komputer bukan hanya digunakan untuk merubah diri kita di dalam berhubungan dengan orang lain di dunia maya tetapi banyak yang lebih tertarik dengan gamenya. Perbedaan lingkungan sekarang ini dengan adanya game terbaru dan multimedia sangat jauh berbeda, masyarakat lebih mengambil alih ke game terbaru dan multimedia tanpa harus membuang-buang waktu dan intinya lebih efektif.

Akar cyberpunk sebagai sastra merupakan teknologi karena kata cyber sendiri merupakan hal yang berkaitan dengan internet (dunia maya), sedangkan internet sangat berkaitan dengan teknologi komunikasi yaitu komputer, tetapi internet bisa saja dihubungkan dengan teknologi komunikasi lainnya. Jadi berhubungan dengan yang namanya teknologi.
Empat sikap pusat gagasan cyberpunk dan konflik dengan nilai-nilai bisnis tradisional dengan adanya empat gagasan tersebut dapat diterapkan dalam menyelesaikan konflik. Dan dengan adanya konflik tersebut berkaitan dengan adanya 4 ide cyberpunk itu, karena ide tersebut sudah masuk dalam ranah teknologi yang modern dan pada akhirnya munculah nilai-nilai bisnis tradisional yang merasa tersaingi dengan adanya gagasan cyberpunk.
Dari semua berbagai teknologi yang merangkul cyberpunk (mis. brain implan, kehidupan tiruan, seks virtual), menurut saya yang akan menjadi mainstream pada dekade berikutnya adalah seks virtual, karena sekarang ini saja sudah sangat terlihat sekali banyak dari masyarkat yang sudah mengkonsumsi hal ini yang mereka dapatkan dari internet, jadi tidak heran jika pada dekade berikutnya hal ini akan semakin membooming.
II.                MEDIA PERCEPATAN DAN PENINGKATAN KECEPATAN FILE SEHARI-HARI
Pada masalah apa sebenarnya remote control dapat membantu menyelesaikan masalah? Pada masalah yang tidak dapat terpecahkan, Remote control dapat  menyelesaikan masalah asalkan setiap manusia mampu dan bisa menggunakan remote control tersebut, jika salah menggunakannya justru akan memperburuk masalah.
Akumulasi kecepatan, percepatan khususnya media, merupakan jalan menuju evolusi kebudayaan, seperti dikatakan orang Yunani Saya setuju dan itu memang benar, karena dengan adanya percepatan dan kecepatan media berarti sudah banyak dari masyarakat yang menggunakannya dan mengerti akan media tersebut, dan ini merupakan jalan menuju perubahan kebudayaan nanti kedepannya.
Dengan 2.000 unit NBC, dan semua jaringan TV lain yang terkait dengannya, bisa menurunkan rating penonton dengan menghadirkan acara dengan tipe-tipe tertentu yang tidak menarik karena masyarakat lebih melihat dan menyukai sisi kebenarannya dibandingkan dengan acara yang bisa dikatakan plagiatan dari yang aslinya.
Tidak semua layanan Web yang diberikan itu cocok dan memberi kenyamanan, layanan yang sering kita lihat tidak cocok untuk Web adalah adanya jasa pengiriman barang atau uang, karena kita tidak dapat memastikan secara yakin kalau barang atau uang tersebut dapat sampai dengan selamat ke tempat yang kita tuju.
Ketergantungan dunia online di dunia industri transportasi dan pengiriman barang menjadi berubah karena masih banyak dari masyarakat terutama orang awam yang masih belum yakin dengan dunia online dengan adanya jasa pengiriman barang dan jasa, walaupun sekarang ini masih banyak dari masyarakat yang masih menggunakan jasa di dunia online ini, karena kebanyakan dari mereka yang pernah mencobanya dan berhasil sehingga mereka masih menggunakannya.
Jika layanan pengiriman online menjadi populer di daerah perkotaan, ini memengaruhi karakter hidup di kota besar masyarakat di kota besar justru akan menjadi malas dikarenakan adanya alternative lain untuk mempermudah segala pengiriman, tetapi ini sangat menguntungkan sekali bagi orang-orang yang memiliki kesibukan yang luar biasa. Dan tidak sedikit orang yang bbekerja di jasa pengiriman barang yang tidak bekerja lagi sebagai kurir.
Media komunikasi yang berperan sebagai media yang multitasking adalah Komputer, karena dengan adanya komputer yang disambungkan ke internet orang-orang bisa berkomunikasi melalui chatting, email, video call, dan lain sebagainya.
Multitasking sekarang ini menjadi gaya hidup bagi orang-orang yang menggunakan internet dikarenakan masyarakat di zaman sekarang ini lebih menginginkan penyampaian informasi yang lebih cepat dengan tidak membuang-buang tenaga, waktu, dan pikiran, "kualitas hidup" yang berkembang terkait dengan penggunaan multitasking secara konstan manusia akan semakin malas dalam melakukan komunikasi secara langsung, dan juga dengan kita mengendalikan internet sebagai alat komunikasi belum tentu pesan yang disampaikan dari komunikator ke komunikan efektif.
Berdasarkan pengalaman pribadi saya, banyak tugas yang dapat dikerjakan orang sekaligus dalam waktu bersamaan dan masih efektif karena saat ini sudah banyak media yang dapat membantu menyelesaikan tugas sekaligus, dan jika ada hal yang tidak dimengerti kita pun dapat mencari jawabannya melalui internet, sehingga ini mempercepat proses pengerjaan tugas.
Bila saya memperoleh email yang tidak memiliki subject Saya tetap membukanya, karena bisa saja pesan itu penting dan saking pentinya si pengirim lupa untuk mencantumkan subjectnya.
Saya curiga terhadap email yang tidak jelas Karena jika memang email tersebut tidak ada kaitannya dengan saya.
Saya tetap akan membaca email yang berasal dari sumber yang saya tidak kenal Karena bisa saja sebelumnya saya sudah membuat perjanjian dengan orang yang saya belum kenal untuk mengirimkan data ke email saya yang dalam arti data tersebut memang penting bagi saya, dan bukan berarti orang yang belum saya kenal itu tidak ada sangkut paut sebelumnya dengan saya.
Apakah Anda bisa menyebutkan bahwa sekarang ini sudah dalam kondisi kemajuan Jika dalam hal teknologi saya katakan sudah maju, tetapi dalam hal manusia yang menggunakan teknologi komunikasinya, masyarakat di Indonesia saat ini belum bisa dikatakan maju, karena masih banyak orang yang belum mengerti dan juga bisa menggunakan sepenuhnya teknologi yang ada sekarang ini.
Sifat "agresif" mempengaruhi kecepatan, isi, dan nada pesan elektronik e-mail karena dengan melakukan suatu pengiriman data melalui surat elektronik dengan didasari sifat “agresif” maka akan terbawa juga dalam proses penyampaian pesannya.
Saya setuju dengan penulis bahwa e-mail telah menjadi "sebuah gangguan tak henti-hentinya, kewajiban nonstop, dan sumber pembuat stres dan kecemasan" karena sekarang ini banyak masyarakat yang beralih ke surat elektronik atau email dibandingkan dengan pengiriman surat secara konvensional, dengan memiliki proses yang cepat dalam penyampainnya sehingga tidak sedikit orang yang selalu berada di depan komputer terus menerus untuk menanti sebuah informasi dari email, pastinya adanya gangguan seperti virus atau hal lain yang dapat membuat stress dan kecemasan yang melanda.
Rata-rata waktu yang saya habiskan menulis dan menjawab e-mail tidak setiap hari, kemungkianan jika ada yang meng-email ke saya si pengirim memberitahukan ke saya terlebih dahulu via sms atau telepon dan jika diminta balasan hari itu juga saya akan balas, Saya menganggap bahwa saya sudah menggunakan waktu dengan baik bukan hanya berlama-lama depan komputer secara terus-menerus dengan melakukan aktivitas yang begitu-begitu saja, tetapi saya juga mengecek account-account saya yang saya anggap penting untuk dibuka.

REFERENSI



No comments:

Post a Comment