Wednesday, March 16, 2011

Informasi Baru dan Ekologi Hiburan (Entertainment)


Akar Revolusi dan Pedoman Trendsetter untuk Komunikasi Baru
1.Jelaskan kemajuan penting dalam teknologi komunikasi yang telah terjadi sejak tahun 1980?

Kemajuan penting dalam teknologi komunikasi yang telah terjadi sejak tahun 1980 adalah teknologi yang memiliki multifungsi dan perkembangan teknologi yang semakin lama semakin terlihat sisi kepraktisannya agar bisa digunakan masyarakat dengan mudah, contoh kecilnya saja adalah di tahun 1980 masih banyak orang-orang di Indonesia yang belum melek akan teknologi yang dinamakan komputer, sehingga pada saat itu kita sudah sangat bangga jika menggunakan mesin tik elektronik. Tahun 1987, kita mulai mengenal komputer ber-prosesor 286, dimana untuk menghidupkannya masih menggunakan disket DOS bahkan sekarang ini munculnya komputer yang ber-prosesor pentium IV. Sekarang ini dengan adanya komputer dan jika dihubungkan dengan internet kita dapat mengirim surat atau file melalui surat elektronik atau yang dinamakan dengan e-mail dan tidak perlu lagi jasa pos atau kurir.
 Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa masyarakat saat ini lebih melihat sisi kepraktisannya sehingga banyak orang yang berlomba-lomba menciptakan teknologi yang memiliki sifat sepraktis mungkin tapi memuaskan, misalnya saja ukuran komputer yang baru muncul pada saat itu sangatlah besar ukurannya dan sekarang pun kita dapat melihat berbagai macam ukuran komputer mulai dari komputer ukuran yang tidak terlalu besar yang biasanya digunakan dirumah, kantor atau tempat lainnya, laptop yang bisa dibawa dan digunakan dimana saja, hingga untuk sekarang ini muncul teknologi baru yang bernama ipad yang ukurannya lebih kecil dan ramping yang pasti bersifat praktis untuk bisa digunakan, diletakkan, dan dibawa kemana saja.  

2. Menurut pendapat Anda, apa perubahan yang telah terjadi dalam teknologi komunikasi yang
layak disebut "revolusioner"?

Sebagian besar orang mengetahui teknologi komunikasi hanyalah dimiliki negara-negara besar dan maju. Padahal teknologi komunikasi sangatlah penting dan seharusnya dimiliki oleh siapapun agar tidak ketinggalan zaman. Kita dapat merubah hidup kita dengan kita mengikuti segala perkembangan informasi yang ada pada teknologi komunikasi, bahkan informasi sudah menjadi hal utama yang harus diburu dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi komunikasi sudah menjadi “mata uang” untuk masyarakat saat ini artinya berbagai macam dan berkembangnya teknologi komunikasi dalam memudahkan untuk mendapatkan informasi tidaklah sesulit pada saat teknologi komunikasi baru masuk ke dunia ini. Mereka pun dapat menjual informasi yang mereka dapatkan sehingga mereka mendapatkan penghasilan. Oleh karena itu teknologi komunikasi saat ini layak disebut revolusioner karena dapat merubah kehidupan mereka yang menggunakannya.

3. Apakah anda setuju dengan "Pedoman Trendsetter untuk dunia komunikasi baru"? Yang mana
yang anda tidak setuju dan mengapa?
Saya setuju dengan adanya pedoman Trendsetter untuk dunia komunikasi baru, karena dengan adanya revolusi dalam bidang komunikasi perlu adanya seseorang yang dapat dijadikan pedoman dalam mengarahkannya agar tidak salah arah, tetapi kita jangan terlalu percaya dengan adanya trendsetter artinya disini kita harus pintar memilih trendsetter mana yang mesti kita ikuti untuk dijadikan pedoman dalam hidup kita, karena seorang trendsetter haruslah seseorang yang memiliki pengetahuan yang luas dan harus mengerti akan hal yang ditanganinya. Apalagi banyak perusahaan yang mempekerjakan trendsetter untuk mengawasi industri mereka dengan tujuan untuk tetap memenangkan persaingan, jadi perlu selektivitas yang tinggi untuk memilih trendsetter mana yang akan kita pilih.

Di Luar Batas Revolusi Informasi
4. Setujukah kamu bahwa e-commerce, yang telah membuat dunia bisnis terguncang, ibaratnya
seperti "perkembangan yang sama sekali tak terduga"? Jelaskan!

Sebelum saya menjelaskan mengenai jawaban atas pertanyaan diatas, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu e-commerce. E-commerce atau yang biasa disebut dengan e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya yang melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Saya tidak setuju jika e-commerce telah membuat dunia bisnis menjadi terguncang, karena e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan. Penyebab terguncangnya dunia bisnis atau e-business adalah bukan karena adanya revolusi informasi yang baru tetapi bisa saja adanya penurunan tingkat sumber daya yang ada dalam dunia bisnis tersebut, misalnya saja penurunan tingkat pada sumber daya manusianya yang mengurusi jasa pembelian menjadi kurang tanggap, cepat, dan ramah.

Tetapi bukan hanya itu saja, memang saya melihat adanya revolusi baru yang datang pada saat e-business sedang berkembang. Tetapi dengan adanya keseimbangan dalam memanajemenkannya antara e-commerce dengan e-business, saya rasa e-business tidak akan terguncang keberadaannya walaupun dibarengi dengan datangnya e-commerce atau e-dagang.


5. Dalam hal apa dampak dari revolusi informasi serupa dengan revolusi industri (di akhir abad
kedelapan belas dan awal abad kesembilan belas)?
Dampak yang serupa adalah dari proses pengolahan bahannya hingga menjadi hasil yang berguna bagi masyarakat yang pastinya didukung oleh alatnya yang berfungsi sebagai pengolah. Contohnya saja dalam revolusi informasi dengan adanya alat pendukung yaitu komputer sebagai alat komunikasinya tempat mengolah data atau informasi (bahannya) hingga menjadi makanan keseharian masyarakat yang tidak bisa ditinggalkan yaitu informasi, tapi informasi disini adalah informasi yang memiliki makna. Masyarakat tidak akan mungkin bisa bertahan hidup tanpa adanya informasi entah itu untuk mereka sendiri atau orang lain.
Begitu pula pada halnya revolusi industri dengan banyaknya manusia saat ini dengan semakin sedikitnya sumber daya alam (bahan), perlu adanya percepatan dalam memproduksi sumber daya alam (bahan) tersebut. Maka mesin-mesin pengolah (alat) mulai dibutuhkan sekali saat ini untuk mempercepat produksi sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh manusia seceptanya. Dengan kita memanfaatkan mesin (alat) ini akan merubah segala kehidupan masyarakat dan juga mempengaruhi dunia. Oleh karena itu hasil dari dukungan alat serta bahan yang baik yang ada dalam revolusi informasi dan revolusi industri akan berdampk pada penghasilan hasil yang baik pula.

6. Apa penerapan Internet yang berbasis e-commerce yang anda ketahui, jelaskan!

eBay                : Sebuah situs web lelang daring yang memungkinkan orang-orang dari seluruh    dunia dapat membeli dan menjual berbagai barang dan jasa. atau bias dikatakan pusat jual-beli dan lelang barang atau jasa online terbesar didunia. Kesuksesan e-bay ini    menjadi inspirasi bagi banyak perusahaan lelang lainnya yang menyebar   keseluruh dunia.

                        Didirikan pada tahun 1995 oleh Pierre Omidyar, dan bermarkas di San Jose,   California. (id.wikipedia.org/wiki/Ebay).

Yahoo             : Sebuah perusahaan yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi sekuruh dunia. Yang pada awalnya yahoo hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku) yang diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” lalu diganti dengan nama yahoo yang berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.

Didirikan pada tanggal 1 Maret 1995 oleh Jerry Yang dan David Filo, dan bermarkas di Sunnyvale, California. (id.wikipedia.org/wiki/Yahoo).

 

Amazon           : Salah satu toko online terbesar saat ini, dimana situs tersebut menjual berbagai macam / jenis produk, contohnya saja buku. Yang menarik disini adalah Amazon.com menawarkan buku dengan harga yang jauh lebih murah bahkan sampai 50% dari harga pasar karena mereka mendirikan ini sendiri dan tidak perlu menyewa showroom seperti halnya toko-toko buku konvensional. (bisnis-online-internet.blogspot.com)

Google            : Sebuah perusahaan publik Amerika Serikat yang berperan dalam pencarian internet dan iklan online. Google telah membuat layanan dan peralatan untuk lingkungan bisnis dan masyarakat, termasuk aplikasi web, jaringan periklanan dan solusi bagi bisnis.

Didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, dan bermarkas di Mountain View, California. (id.wikipedia.org/wiki/Google).

Paypal             : Perusahaan dalam jaringan yang menyediakan jasa transfer uang melalui surat elektronik, menggantikan metode lama yang masih menggunakan kertas, seperti cek dan wesel pos. PayPal juga menyediakan jasa untuk para pemilik situs e-commerce, lelangan, dan jenis usaha lain

Perusahaan ini bermarkas di San Jose,California, Amerika Serikat. (id.wikipedia.org/wiki/PayPal).

Konvergensi Harmonis (Digital Media Timeline)
7. Apa prediksi anda tentang masa depan media yang menurut Anda akan terwujud ? mengapa
anda berprediksi seperti itu?

Media di masa mendatang pastinya akan lebih berkembang lagi sesuai dengan zaman yang kian hari semakin maju. Sehingga saya pun mempunyai prediksi bahwa akan ada media baru yang muncul di masa depan yaitu Handphone atau telepon yang tidak menggunakan pulsa. Mengapa saya berprediksi seperti demikian, karena pada awalnya telepon itu hanya bisa dipasang dirumah, kantor atau dimanapun yang pasti menggunakan kabel dan jika ingin menggunakan telepon itu untuk berkomunikasi harus memasukkan beberapa koin terlebih dahulu agar bisa berkomunikasi sesuai dengan nomor yang dituju. Sesuai dengan perkembangan zaman, kita dapat berkomunikasi jika kita menggunakan pulsa dan proses pembayaran pulsa pun ada yang pra dan juga pasca bayar. Lalu tidak lama kemudian muncul telepon tanpa kabel (wireless) yang sering disebut dengan handphone (telepon genggam) yang keunikannya telepon ini bisa dibawa kemana-mana dan bisa diletakkan dimana saja.
Proses penggunaannya pun juga sama dengan telepon yang menggunakan kabel harus ada pulsa untuk bisa berkomunikasi entah itu bisa dibayar pra atau pasca bayar. Sesuai dengan perkembangan zaman untuk kedepan yang lebih memprioritaskan kepraktisan tidak dapat dipungkiri jika ada atau muncul telepon atau handphone yang tidak menggunakan pulsa jika ingin berkomunikasi, sehingga saya berprediksi bahwa akan ada media komunikasi seperti handphone atau telepon yang kedepannya tidak perlu menggunakan pulsa lagi tetapi tetap bisa untuk berkomunikasi. Karena kita tidak pernah tahu seberapa canggih orang-orang di luar sana menciptakan teknologi komunikasi untuk kedepannya

8. Apa prediksi lainnya yang dapat terjadi pada media landscape? Bagaimana Anda bisa yakin
bahwa itu akan terjadi?

Dengan meningkatnya teknologi komunikasi yang ada di setiap Negara yang berhubungan dengan media landscape, saya berprediksi bahwa di masa mendatang akan muncul media yang lebih praktis dan cepat sesuai dengan perkembangan teknologi sekarang ini. Contohnya saja kita dapat memperoleh informasi dengan menggunakan alat komunikasi komputer. Dengan ini kita mendapatkan informasi yang tidak memerlukan waktu yang lama dan kapan saja kita dapat mengaksesnya. Kemungkinan kita tidak akan menemukan lagi Koran, surat kabar atau sejenisnya yang secara fisik masih bisa terlihat. Sekarang pun sudah banyak masyarakat yang menggunakan media online untuk mendapatkan informasi dan media online pun kini sudah banyak yang menyediakan berbagai macam informasi yang awalnya media ini berupa bentuk fisik yaitu kertas, contohnya saja kompas.com. Karena kelebihan yang ada dalam media online ini (internet) informasi-informasinya di perbarui atau di update dalam hitungan menit dan detik jauh lebih cepat dan berbeda sekali dengan Koran atau surat kabar yang terbitnya dalam waktu-waktu tertentu.

9. Selain mesin cetak, penemuan komunikasi apa yang menurut Anda telah memiliki dampak
terbesar pada masyarakat? mengapa?
Yang saya amati saat ini alat komunikasi yang memiliki dampak terbesar pada masyarakat adalah Handphone (telepon genggam). Mayoritas masyarakat pasti banyak yang tahu tentang handphone atau ponsel (telepon selular). Alat komunikasi yang diperkenalkan pada tahun 1980-an ini kini sudah menjadi peralatan komunikasi perlengkapan sehari-hari. Banyak orang di berbagai kota besar mulai dari yang kecil hingga dewasa menggunakan Handphone ini sebagai alat komunikasi dalam kehidupannya sehari-hari. Karena harganya yang sudah kian terjangkau membuat barang ini bisa dimiliki oleh siapa saja, bukan hanya si kaya.
Alat komunikasi yang disingkat dengan Hp ini awalnya hanya berfungsi sebagai alat komunikasi yang biasa saja tapi lama kelamaan sesuai dengan perkembangan zaman berbagai kebutuhan akan alat komunikasi ini telah merubah handphone menjadi alat komunikasi yang multifungsi, bahkan saat ini cukup dengan handphone kita bisa berkomunikasi jarak jauh dengan kemampuan video call yaitu kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dan bisa saling melihat diri kita dengan kemampuan handphone saat ini yaitu 3 generation ( 3G ).
Kecanggihan handphone saat ini tidak kalah hebatnya dengan kemajuan teknologi komputer saat ini. Tidak seperti pada tahun 1977, mobile telepon yang masih sebesar tas jinjing. Kini ukuran dan kemampuan mobile telepon sudah melompat jauh. Ukuran mobile phone kini sangat kecil dan dilengkapi dengan teknologi baru, bahkan kini aplikasi di handphone tidak kalah menariknya dengan aplikasi yang ada di komputer, contohnya saja kini sudah ada aplikasi internetnya dan kita sudah bisa mengakses apapun di Hp tanpa perlu mengaktifkan komputer yang disambungkan ke internet, kita juga bisa chatting dengan teman-teman yang jaraknya jauh dengan kita dengan adanya aplikasi yahoo messenger dan sejenisnya, via Bluetooth atau infrared untuk mengirimkan data dari Hp yang satu ke Hp lainnya bahkan dari Hp ke komputer, kamera, mp3, mp4, dan masih banyak lagi aplikasi canggih lainnya yang ada di Handphone.

No comments:

Post a Comment