Wednesday, June 15, 2011

Brosur : Definisi Kerja


  Berbagai literatur cenderung merumuskan brosur dari sudut bentuknya. Dalam kuliah ini, yang dimaksudkan dengan brosur adalah publikasi resmi perusahaan berbentuk cetakan, yang berisi informasi mengenai suatu produk, layanan, atau program, yang ditujukan kepada pasar sasaran (target market) atau khlayak sasaran (target audience) tertentu, dibagikan secara cuma-cuma, dengan tujuan untuk memperkenalkan secara lebih terperincimengenai produk, layanan, atau program tersebut untuk membantu upaya pemasaran atau marketing public relation. 

       Belakangan, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, brosur juga disajikan dalam bentuk digital yang bisa di download oleh siapa saja yang memerlukannya.

Ciri-Ciri Kerja :
  • Meski begitu banyak batasan mengenai brosur yang berbeda-beda, namun secara umum mempunyai kesamaan dalam hal : 
  • Pernyataan pesannya selalu tunggal
  • Dibuat dengan tujuan untuk menginformasikan, mengedukasikan, dan membujuk atau mempengaruhi khalayak untuk membeli atau mengadopsi pesan yang disampaikan.
  • Diterbitkan hanya sekali, tapi bisa dicetak ulang berkali-kali baik dengan diperbarui atau tidak.
  • Brosur harus bisa menarik dan merebut perhatian publiknya.
  • Memiliki sistem distribusi sendiri yang bukan merupakan bagian dari media lainnya.
  • Copy-nya harus jelas dan desainnya harus menarik.                                                                                                                                                     Doug Newsom and Jim Hayes, Public Relation Writing : Form & Style. California: Wadsworth Thomson, 2005, p. 353-354.

No comments:

Post a Comment