Wednesday, May 4, 2011

E-Zine (Electronic Magazine)

RESUME
E-Zine (I-Zeen) - dari kata electronic magazine. yaitu majalah inggrinya elektronik yang disebarluaskan melalui jaringan internet.
-bersifat nonkomersial
-lebih untuk menyebarluaskan paham
-gagasan atau membangun citra perusahaan, organisasi, atau kelompok
-masuk dalam kelompok media inggrinya
e-zine dapat diartikan sebagai versi online dari sebuah majalah. contoh : tempoonline, swaonline, timeonline, NewsWeekonline.

Seperti  juga majalah, e-zine menampilkan sejumlah informasi (news dan feature), artikel opini, ulasan.
e-zine bersifat jurnal artinya hanya berisi tentang topik-topik yang bersifat ilmian dan profesional.
-e-zine bisa berbasis web atau email, tapi yang paling populer berbasis email.
-untuk berlangganan kita harus mendaftarkan diri, biasa dikenakan biaya maupun tidak (cuma-cuma).
-e-zine biasanya tidak memuat artikel dalam bentuk lengkap, melainkan hanya 2-3 alinea saja (lebih ringkas dan agar mudah diunduh).

PERIODE TERBIT
-Terbit berkala (mingguan, dwimingguan, bulanan), teratur, memiliki rubrikasi.
-Ditata layaknya sebuah majalah dengan tampilan website. Halaman depannya (homepage, front page), dan umumnya berisi laporan utama (headline).
-Di kiri dan kanan headline, terpampang rubric-rubrik lengkap dengan judul dan nukilan isinya.


WEB-BASE e-zine(1)
-Majalah on line yang berupa situs web biasanya merupakan versi on line dari majalah tercetak.
-Untuk mengakses e-zine berbasis web, tentu saja pembaca harus proaktif mengakses ke situs tersebut.
-Format e-zine, kurang lebih seperti di bawah ini :
·        Berita actual
·        Feature
·        Berita Opini
·        Iklan
·        Advertorial dan artikel sponsor
·        Berita Bergambar
·        Dsb

WEB-BASE e-zine (2)
-Ada majalah online yang bias diakses Cuma-Cuma, ada juga yang harus membayar.

WEB-BASE e-zine (3)
-e-zine seperti tempointeraktif dan swaonline memuat artikel atau informasi tertentu yang hanya disajikan dalam versi online dan tidak masuk dalam versi cetakan.
-majalah maya ini ini juga memiliki bidang yang sangat beragam, mulai dari bisnis, solusi, teknik, pemasaran, profesi, olahraga, music, film, hiburan  maupun gossip.

MENGAPA E-ZINE
-Biasanya tidak bermotif komersial murni, lebih kepada menyebarkan visi, misi, gagasan, dan opini untuk mempengaruhi khalayak.
-Biasanya memiliki niche market yang sempit, sehingga akan mahal jika diterbitkan dan didistribusikan secara tradisional.
-Biaya produksi rendah, tidak perlu biaya cetak dan distribusi.
-Tidak memerlukan keterampilan istimewa (banyak template yang tinggal pakai di berbagai program komputer), contoh : bulletin Indoqvc.
-Jangkauan Khalayak menjadi relative tidak terbatas.
-Tujuannya adalah untuk menjaring banyak mungkin khalayak.
-Lebih timeless, karena archive-nya tersimpan di server situs dan tetap bias diakses khalayak setiap saat.

No comments:

Post a Comment