Monday, May 23, 2011


DIGITAL DIVIDE

Mind Gap: The kesenjangan digital sebagai isu hak-hak sipil milenium baru
Tidak bisa Digital Divide diselesaikan dengan peningkatan akses terhadap teknologi itu sendiri? Apa faktor-faktor lain yang penting untuk dipertimbangkan : Dengan adanya peningkatan akses bukan berarti dapat menyelesaikan pembagian dalam dunia digital, factor penting yang harus diperhatikan adalah pengelompokkan media digital yang sedang marak untuk saat ini.

Haruskah kita membuka sekolah-sekolah dan perpustakaan kepada masyarakat sehingga tidak ada ruang komputer lab atau pelatihan yang menganggur selama jam malam dan akhir pekan : Sekolah dan perpustakaan juga tidak boleh ditinggalkan, karena media konvensional tersebut masih diperlukan dalam masyarakat, walaupun banyak masyarakat yang beralih ke media yang lebih modern.

 Konsekuensi jangka panjang potensi Digital Divide, dan mengapa itu merupakan salah satu hak yang paling penting yang dihadapi masyarakat informasi : Karena disini masih banyak masyarakat yang kurang mengerti akan media yang ada sekarang ini, oleh karena itu masih banyak potensi digital devide sangat diperlukan.

Komputer kaya dan si miskin di Sekolah-Sekolah
Menyikapi masalah beda tingkat melek komputer dimana beberapa siswa di kelas mengetahui banyak tentang computer sedangkan yang lain sedikit tahu atau tidak tahu sama sekali : Guru-guru di sekolah seharusnya adil dalam membagi pengetahuan tentang computer, apalagi terhadap siswa yang tidak mengetahui sama sekali tentang computer dan biasanya ini ada dan terjadi di wilayah terpencil.

Perlukah komputer digunakan secara luas di sekolah dasar, atau seharusnya siswa belajar dasar-dasar pertama tanpa bantuan teknologi : Seharusnya mulai dari sekolah dasar siswa sudah diperkenalkan oleh dunia computer, karena teknologi sekarang terutama computer sangat diperlukan sekali untuk dunia kerja mereka kedepannya, dan ada kaitannya dengan era globalisasi teknologi yang semakin maju.

 Jika memiliki komputer di rumah meningkatkan peluang seorang anak untuk keberhasilan akademis, seharusnya pemerintah menawarkan subsidi untuk keluarga yang tidak mampu : Hal tersebut sangat bagus sekali karena ini sangat menunjang para siswa untuk lebih meningkatkan dalam pengenalan terhadap computer, dan juga seharusnya pemerintah menyeleksi siswa mana yang pantas untuk mendapatkannya agar tidak disalahgunakan.

Tech savvy: mendidik anak perempuan di era komputer yang baru
Laporan dapat menolong mendefinisikan kelancaran informasi teknologi : Dengan adanya laporan dari beberapa sumber dapat membantu kelancaran dalam informasi teknologi yang memang dalam hal ini sanga dibutuhkan informasi sebagai penguat dalam mendefinisikan informasi teknologi.

Saya setuju, bila perusahaan memberikan laporan kunci sebagai rekomendasi untuk perencanaan anggaran tahun mendatang, rekomendasi yang harus dilaksanakan terlebih dahulu : Adanya pemberitahuan secara detail atas informasi yang menjadikan panutan untuk laporan mendatang, Memikirkan langkah-langkah lain yang harus diambil : Perlu adanya sikap teliti dalam menerima laporan untuk dijadikan panutan.

Sherry Turkle, berpendapat bahwa anak perempuan kurang berminat terhadap teknologi computer. Budaya komputer bisa lebih menarik perhatian untuk anak perempuan : Perlu adanya penyuluhan melalui beberap media khusunya media televisi untuk mengiklankan bahwa betapa pentingnya teknologi computer untuk kaum wanita, serta dijelaskan mengenai dampak positif serta kelebihan yang didapatkan.

Referensi : 
http://en.wikipedia.org/wiki/Digital_divide  (diunduh : Senin, 23-Mei-2011, diunduh pukul 18:40 WIB).

No comments:

Post a Comment