Wednesday, April 27, 2011

Masa Depan Perguruan Tinggi Islam By : M. Amin Abdullah Guru Besar Univ. Kalijaga, Yogyakarta


                                                        RESUME

Sebuah Perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam membangun kembali mentalitas, moralitas, dan karakter sebuah bangsa. Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi krisis, tetapi hingga kini belum tampak jelas hasil yang telah diupayakan negara dan masyarakat. Contohnya saja masih ada saja bom bunuh diri yang kini terjadi di tengah bangunan Masjid Adz-Dzikro, Markas Polresta Cirebon. Lalu menyusulnya berita tertangkapnya 19 tersangka pelaku bom buku dan perencanaan bom di Serpong yang kemudian akan menyasar ke Perusahaan Gas Negara dan Gereja Christ Cathedral, Serpong.
Banyak orang yang sangatlah heran, pada saat mengetahui bahwa pelaku bom buku merupakan lulusan perguruan tinggi bahkan perguruan tinggi Islam dan ini sangat disayangkan sekali, bahkan hal ini dapat membuat nama universitas menjadi buruk. Tapi saat ini9 masih diragukan apakah benar pelaku bom mayoritas adalah alumnus universitas isla. Dari gaya bicara dan isi dari apa yang dibicarakan pelaku sangat lah lancar dalam memahami ajaran islam. Oleh karena itu banyak dari masyarakat yang memandang islam itu buruk padahal tidak seperti demikian.
Perguruan tinggi Islam padahal banyak mengajarkan mengenai tata karma, sopan santun dan juga tata pergaulan, dan juga pastinya mendidik generasi baru akan ilmu-ilmu tentang islam tidaklah sulit asalkan ada niat dan mau memahaminya.
Seharusnya sikap dan mentalitas kita terhadap agama yang mengajarkan kesesatan haruslah digeser dari kehidupan kita, bukan agama kita yang sesungguhnya lah yang digeser, justru ilmu agama yang benar haruslah kita intrepretasikan atau kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Orang-orang yang memiliki agama pastinya dalam mendapatkan informasi, anjuran, saran ataupun semacamnya haruslah dapat disaring dan jangan langsung diikuti, tapi kita harus  menimbang baik buruknya atas segala informasi yang didapat.

Referensi : http://epaper.kompas.com/epaperkompas.php?v=1.0 (halaman 6, diunduh : Kamis, 28-April-2011)

No comments:

Post a Comment