Wednesday, April 20, 2011

Social Network Media


Social Network Media merupakan media jaringan sosial yang sekarang ini sedang sangat membooming. Tidak memandang yang muda sampai yang tua dapat menggunakan media seperti ini. Dengan adanya media jejaring sosial contohnya saja seperti facebook, twitter, yahoo messenger atau media social network lainnya mereka dapat berdialog dengan siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Dapat berbagi informasi bahkan kita pun juga dapat member informasi dengan masyarakat lainnya. Harus disadari oleh para individu itu sendiri, bahwa kecanduan gadget dan internet adalah tidak baik bagi kesehatan jiwa dan juga dalam kaitan interaksi dengan lingkungan sosialnya. Seringkali didapati orang lebih senang marah-marah dan mengomel ataupun mengumpat di internet / jejaring sosial ketimbang membicarakan masalah mereka secara langsung dengan yang bersangkutan.
Dalam berbagai kasus, bahkan tidak jarang orang ada yang sampai mengumbar urusan ranjangnya di media jejaring sosial ketimbang membicarakan hal tersebut secara baik-baik dengan pasangannya. Hal ini jelas sangat tidak baik, karena fungsi komunikasi bilateral dan hubungan sosial yang sehat menjadi rusak karena kecanduan terhadap teknologi dan juga penempatan secara salah fungsi teknologi dalam hidup keseharian, sehingga teknologi yang seharusnya menjadi alat untuk mempermudah justru menjadi bumerang yang merusak keseimbangan hidup dan sosial.

KESIMPULAN
Kita sebagai pengguna situs jejaring sosial haruslah berhati – hati dengan dalam menggunakan  media ini, boleh saja kita berjam-jam di depan computer untuk “bermain” dalam situs ini, tapi kalau bias janganlah terlalu lama Karen hal ini dapat merusak diri sendiri dalam hal kejiwaan. Dan dengan adanya pesan yang ada dalam situs jejaring sosial ini janganlah kita terlalu cepat percaya atas informasi tersebut dan disini kita harus pintar-pintar dalam mengolah informasi yang kita dapat.  


Referensi :


No comments:

Post a Comment